Media Center Banjar Peringkat Pertama Se Indonesia


Tangerang, Media Center Kabupaten Banjar (MC Banjar) kembali meraih penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia setelah berhasil meraih peringkat pertama dalam katagori kontribusi pengiriman foto terbanyak Tahun 2016.

Penghargaan disampaikan oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kemenkominfo RI Rosarita Niken Widiastuti dan diterimakan oleh Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kab. Banjar H.M Farid Soufian, Senin 27 Februari 2017 di Hotel Novotel Jalan Jenderal Sudirman No. 1 Kota Tangerang, Provinsi Banten.
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) melalui Direktorat Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) setiap tahun memberikan penghargaan kepada 10 Media Center terbaik seluruh Indonesia yg memberikan kontribusi terbesar dalam penyebaran informasi kepada masyarakat, baik dalam bentuk berita maupun foto.

Selain penghargaan pada katagori kontributor foto terbanyak mengungguli 160 Media Center lain di Indonesia,  Media Center Kabupaten Banjar juga masuk dalam 10 besar pada kategori kontribusi berita info publik.
Kadis Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar H.M Farid Soufian menyatakan bangga dengan prestasi yang diperoleh Media Center Kabupaten Banjar, karena pada tahun sebelumnya hanya mampu menjadi terbaik kedua.

Farid menegaskan, pihaknya akan terus melakukan perbaikan-perbaikan dalam pengelolaan media center mengingat betapa pentingnya fungsi media center sebagai sarana memberikan informasi kepada publik.
Sedangkan Rosarita Niken menjelaskan pentingnya keberadaan media center di daerah-daerah dalam upaya pemerintah menyampaikan keterbukaan informasi kepada masyarakat.  Untuk itu dia menghimbau agar media center daerah terus meningkatkan fungsinya. “Selain sebagai penyampai informasi publik,  media center juga sebagai wadah pembelajaran serta berperan untuk mempererat persatuan bangsa, ” ujarnya.
Media center diharapkan mampu menjadi jembatan informasi pembangunan yang dilakukan di daerah kepada pemerintah pusat,  sebaliknya juga bisa menjadi penyampai informasi kebijakan-kebijakan yang dilakukan pemerintah pusat kepada masyarakat di daerah.

Selain pemberian penghargaan, kegiatan yang akan digelar selama tiga hari tersebut juga dirangkai dengan diskusi dan pemaparan penyelenggaraan media center terbaik kategori berita oleh Media Center Propinsi Riau dan Kota Batam juga dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelola Media Center Daerah yang bertemakan “Tata Kelola Media Center Daerah dan Jurnalistik Online”.

Selain itu materi bimtek, juga akan diisi dengan diskusi Keredaksian dan Penulisan Berita untuk portal infopublik.id dengan narasumber Redaktur Berita Nasional Infopublik Gusti Andry. Kemudian dibahas pula tentang berita foto dengan narasumber  Redaktur Foto Infopublik Agus S. Budiawan. Dilanjutkan dengan membicarakan teknis pengiriman berita ke infopublik dengan narasumber tenaga ahli IT, Rian Heriantono. Sedangkan J. Heru Margianto dari Kompas.com mengupas tentang Penyusunan Berita di Media Online. (arie/gbx)