Wakil Bupati Banjar Buka Lomba Jukung Tradisional

Dalam upaya menjaga budaya lokal di Kabupaten Banjar digelar lomba jukung tradisional yang diikuti 46 tim yang dibuka oleh Wakil Bupati Banjar H. Saidi Mansyur didampingi Ketua GOW Kabupaten Banjar Nur Gita Tyas Saidi Mansyur, minggu (13/8) di  desa sungai bakung dan sungai tandipah Kecamatan Sungai Tabuk.

Ajang ini dilaksanakan untuk memeriahkan hari jadi Kabupaten Banjar yang ke-67 dan juga HUT Kemerdekaan RI ke-72. Lomba jukung tradisional ini terlaksana atas kerja sama pembakal sungai tandipah  dan pembakal sungai bangkung serta dukungan dana dari Wakil Bupati Banjar. H. Saidi mansyur juga memberi hadiah tambahan bonus kepada juara satu berupa TV 42 inci.
Peserta Lomba jukung tradisional ini sendiri tidak hanya dari Kabupaten Banjar saja. Tetapi juga ada yang dari luar daerah.

Dalam lomba balap jukung yang mendapat aplaus dari penonton tersebut, peserta wajib memakai jukung tradisional yang dikayuh enam orang dan dilarang keras menggunakan mesin penggerak. Dalam mengikuti lomba, peserta menempuh jarak lima ratus meter.

Dalam sambutannya H. Saidi Mansyur mengatakan “Saya menyambut baik dan mengapresiasi  acara pada hari ini dan juga atas  nama daerah dan atas nama pribadi mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta baik dari dalam maupun luar kabupaten banjar khususnya kota madya Banjarmasin yang ikut berpartisipasi pada kegiatan hari ini”, ujarnya.

“Melalui kegiatan ini tentu dapat memperkenalkan budaya kita potensi kita Kabupaten Banjar lebih jauh lagi. Manfaatkanlah kegiatan ini jaga rasa kebersamaan, junjung sportivitas dan semoga  kegiatan hari ini dilancarkan, dan juga yang perlu diperhatikan faktor keamanan dan faktor keselamatan sehingga tidak  terjadi hal hal yang tidak diinginkan baik untuk perserta  maupun penonton yang berhadir pada hari ini”, tambahnya.

Acara ini juga dimanfaatkan oleh Wakil Bupati Banjar untuk menyerap aspirasi masyarakat disekitar Desa Sungai Bakung dan Desa Sungai Tandipah.