Akuntabilitas Kinerja Langkah Menuju Good Governance

Martapura, InfoPublik – Bupati Banjar H. Khalilurrahman mengatakan, kegiatan ini diadakan dalam rangka memaksimalkan dan mengoptimalisasi capaian kinerja perangkat daerah di lingkup Pemkab Banjar.
Beberapa waktu lalu, Bupati Banjar H. Khalilurrahman bersama rombongan saat menghadiri Asistensi Hasil Evaluasi SAKIP dan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) Kabupaten Banjar di Kementrian PANRB, Jakarta.
Turut hadir dalam rombongan tersebut, Sekda Banjar HM Hilman, Tim SAKIP, Asisten Administrasi Umum Siti Mahmudah, dan para kepala SKPD lingkup Pemkab Banjar.
Sekda Banjar HM Hilman menambahkan, optimalisasi capaian kinerja perangkat daerah dapat dicapai dengan kita mampu mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran tersebut dalam pembangunan.
“Berdasarkan Perpres Nomor 29 tahun 2014, pemerintah telah menetapkan dan mengembangkan sistem pertanggungjawaban yang jelas, tepat, teratur, dan efektif,” katanya. Dikenal dengan nama SAKIP atau Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.
Lebih jelasnya, Asisten Administrasi Umum Siti Mahmudah, Rabu (27/11/2019), menerangkan, Pemerintah Kabupaten Banjar telah melakukan langkah-langkah penguatan akuntabilitas kinerja.
Langkah yang diambil adalah meningkatkan wawasan dan pemahaman SDM aparatur. Pembentukan regulasi daerah berupa Peraturan Bupati Banjar Nomor 65 Tahun 2019 tentang Penguatan Akuntabilitas Kinerja Perangkat Daerah.
Juga memberikan asistensi atau pendampingan, melaksanakan pengukuran kinerja perangkat daerah, serta melakukan pengintegrasian sistem perencanaan dan penganggaran.
“Sistem ini dibutuhkan dalam upaya mendorong terciptanya anggaran berbasis kinerja,” ungkap Mahmudah saat ditemui tim Media Center Kab. Banjar di Martapura, Rabu (27/11/2019)
Semoga melalui penguatan Akuntabilitas Kinerja Perangkat Daerah (AKIPDA), SKPD lingkup Pemkab Banjar mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi anggarannya dan lebih mampu memahami visi misi pembangunan Pemerintah Kabupaten Banjar. (MC Kominfo Kab. Banjar/Asiii/Ar/toeb)

Source:: Media Center