ASKAB PSSI Banjar Diaharapkan Hasilkan Pesepak Bola Profesional

Martapura, InfoPublik – Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Banjar periode 2019-2023, dikukuhkan dan dilantik oleh Wakil Ketua Assosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Kalimantan Selatan, Djumadri Masrun, di Aula Sultan Sulaiman, Martapura, Rabu (19/6/2019).
Acara yang dihadiri sebanyak 33 klub perwakilan sepakbola yang ada di Kabupaten Banjar dimulai dengan membacakan Surat Keputusan oleh Sekretaris Asprov PSSI Kalsel Baktiansyah, kemudian pengukuhan dan pelantikan oleh Wakil Ketua Assosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Kalimantan Selatan, Djumadri Masrun.
Dilantik sebagai Ketua Askab PSSI Kabupaten Banjar, Gusti Abdurrachman, Wakil Ketua H. Syarkawi, Sekretaris Nurdin, Wakil Sekretaris Noor Ifansyah, Bendahara H Muhammad Iqbal, Ketua Komite Kompetisi Fahmiansyah, Ketua Pengembangan Usia Muda & Strategis/Kepelatihan Rusmadi, Ketua Komite Wasit Ahmad Sarbini, Ketua Komite Media dan Promosi Adhi, Ketua Komite Futsal dan Sepakbola Wanita Alifuddin, Ketua Komite Hukum dan Keamanan Faisal RM, Ketua Komite Medis, Fire Play & Tanggung Jawab Sosial Ferry Agung Nugroho, Ketua Komite Disiplin Lukman, Ketua Komite Banding Supiansyah Darham.
Bupati Banjar H Khalilurrahman yang diwakili oleh Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, Zainuddin mengucapkan selamat kepada pengurus Asosiasi PSSI Banjar yang dilantik.
“Kita berharap dengan pengurusan Asosiasi Kabupaten Banjar ini bisa melihat potensi-potensi yang dimiliki oleh putra putri daerah terbaik Kabupaten Banjar, bisa memberikan pembinaan secara terarah, sehingga bisa menghasilkan pesepak bola profesional dari Kabupaten Banjar,” katanya.
Ia juga menyampaikan kepada Asosiasi Kabupaten Banjar untuk bekerja keras dalam memajukan pesepakbolaan di Kabupaten Banjar dan lebih peka dengan perekrutan terhadap kepada pemain, khususnya yang berada di desa-desa maupun kampung di Kabupaten Banjar.
Wakil Ketua Assosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Kalimantan Selatan, Djumadri Masrun mengatakan dengan pengukuhan dan pelantikan pengurus Askab PSSI Banjar untuk tidak berbangga dengan jabatannya.
“Jangan bangga dengan menjadi pengurus, tunjukan kerjanya, majukan sepak bola Kabupaten Banjar, karena Kabupaten Banjar dikenal dengan pemain unggulnya, Barito Putera dulu banyak pemain dari Kabupaten Banjar,” ungkapnya.
Djumadri Masrun berharap dengan Askab PSSI Banjar yang baru dilantik tersebut bisa menjadi penggiat persepakbolaan di Kabupaten Banjar,
“Dengan Asosiasi ini dan di Kabupaten Banjar ada Martapura FC, kita berharap melalui Asosiasi ini bisa menjadi pemasok pemain lokal untuk Martapura FC, saya berpesan kepada Ketua agar lebih digiatkan lagi, dengan klub-klub yang terdaftar anggota PSSI Kabupaten Banjar untuk dilakukan kompetisi, sebagi mana kewajiban Askab PSSI,” ujarnya.
Ia juga berharap Askab PSSI Kabupaten Banjar mendapat dukungan oleh Pemerintah Daerah lewat KONI untuk bersinergi.
Sementara itu, Ketua Askab PSSI Kabupaten Banjar, Gusti Abdurrahman menyampaikan dengan program pembinaan usia muda, mengharapkan majunya sepakbola Kabupaten Banjar bahkan Nasional maupun Internsional.
“Kabupaten Banjar potensi untuk persepakbolaan itu sungguh luar biasa, ada 33 klub yang bernaung di Askab PSSI Banjar, ini yang perlu kita beri pembinaan, dan masih banyak klub-klub yang belum masuk,” ucapnya.
Dengan program pembinaan usia muda melalui Sekolah Sepak Bola (SSB) yang dimiliki Kabupaten Banjar dengan seleksi usia U-12, U-14, U-16, dan U-18 melalui kompetensi, “Potensi muda tersebut yang akan menjadi salah satu perhatian Askab PSSI Banjar untuk mengasah, mempertajam potensi mereka,” tambahnya.
Gusti Abdurrahman juga menyampaikan pembinaan kepada para klub klub sepakbola yang ada di Kabupaten Banjar. terutama untuk segi ke pelatihan yang dimiliki klub.
“Hanya ada dua klub yang memiliki sertifikat dari 33 klub, untuk itu kita nanti kita minta kepada klub untuk mengajukan satu nama pelatih untuk kita berikan pelatihan pelatih agar mendapat sertifikat melatih klub,” ujarnya. (MC-Kominfo-Kab. Banjar/Rzq/Prs/Dessy).

Source:: Media Center