Atlet POPDA Banjar Incar Juara Umum

Martapura, InfoPublik- Kabupaten Banjar siap menjadi yang terbaik keluar sebagai juara umum pada even Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat provinsi Kalimantan selatan yang akan digelar digelar pada 31 Maret hingga 4 April mendatang di Kota Banjarmasin. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjar Ikhwansyah saat menjadi nara sumber talk show di Radio Suara Banjar 100,4 FM bersama host Ronny, Selasa (18/2) siang.
Menurut Ikhwansyah target menjadi juara umum pada POPDA tahun 2020 ini tidaklah berlebihan, karena berkaca pada tahun 2018 lalu Kabupaten Banjar berhasil berada pada peringkat 2 di even yang sama. Meskipun diakuinya untuk mencapai target tersebut tidaklah mudah, lantaran Kota Banjarmasin selain langganan juara umum juga bertindak selaku tuan rumah untuk tahun ini.
“Kita akan berupaya maksimal untuk menjadi yang terbaik pada POPDA tahun genap 2020 yang memperlombakan cabor beregu, walaupun harus bersaing ketat dengan kabupaten kota lainnya yang cukup kuat seperti Banjarmasin, Tanah Laut serta kabupaten Tapin.” ujarnya
Hingga saat ini Dispora Banjar sudah melakukan tahapan seleksi terhadap atlet pelajar yang ada di Kabupaten Banjar secara terbuka dan memberikan kesempatan seluas luasnya kepada para pelajar kelahiran 1 januari 2003 atau sekarang duduk dikelas II SMA untuk mengikutinya. Sejauh ini sudah ada 2 cabang olahraga yang sudah selesai tahap seleksinya yakni cabor bola voly dan tenis meja. Sementara 6 cabor lainnya akan menyusul seperti pada pekan ini seleksi akan kembali digelar untuk cabor sepak bola dan bulutangkis. Untuk seleksi ini antusias pelajar cukup tinggi, hanya saja pada cabor bulutangkis pihaknya mendapatkan kendala, “ Dari 8 cabor yang ada kita kesulitan mencari pelajar berbakat bulutangkis khususnya dibagian putri” katanya.
Dispora Banjar mengestimasi batas waktu 29 februari nanti, semua pelatih sudah melaporkan kepada Dispora semua atlet yang terpilih untuk segera di SK kan guna mengikuti POPDA. Kabupaten Banjar dipastikan akan memboyong atlet POPDA nya sebanyak 117 dan 19 pelatih beserta official ke Kota Banjarmasin.
“Dalam seleksi Dinas Pemuda Olahraga tidak ada intervensi dan menyerahkan semua kepada pelatih siswa mana saja yang pantas yang mampu membawa nama harum Kabupaten Banjar.” katanya.
Ikhwansyah juga optimis para atlet binaanya akan mampu membawa nama harum Kabupaten Banjar karena ditangani oleh para pelatih berpengalaman dan bersertifikat. Sebelum masuk latihan para atlet juga sudah latihan disekolah atau klub mereka masing-masing. Sementara setengah bulan sisa nanti digunakan untuk pemantapan.
Sementara terkait Fasilitas sarana dan prasarana olahraga di Kabupaten Banjar Ikhwansyah menilai belum maksimal. Namun pihaknya akan berupaya untuk membangun gedung olahraga yang bisa dimanfaatkan secara maksimal, “ ini merupakan tantangan, namun kami bercita cita pada tahun 2021 kita sudah memiliki gedung olahraga sendiri. “ pungkasnya. (MC Kominfo Kab. Banjar/Prs)

Source:: Media Center