Bupati Banjar Ajak Masyarakat Bersyukur

Martapura, InfoPublik – Penampilan tiga qori yakni juara I MTQ Tanjung dan juara III MTQ Nasional Lombok M Zairoji menambah khusyu peringatan Nuzulul Quran 1440 Hijriyah, di ruang induk Masjid Agung Al Karomah, Senin (27/5/2019) malam.
Ketiga qori juara MTQ Tanjung adalah juara Ikategori dewasa Wardiansyah, juara I kategori remaja Rahmadi, dan juara I tingkat Provinsi tahun 2008 H Nurkholis, serta penampilan juara III MTQ Nasional Lombok M Zairoji.
Bupati Banjar H Khalilurrahman yang turut hadir mengajak masyarakat muslim untuk mensyukuri atas nikmat kesehatan serta umur, sehingga bisa berjumpa dengan bulan Ramadan.
“Alhamdulillah, pada malam ini di tempat yang mulia ini, kita bersama-sama memperingati satu dari sekian banyak peristiwa istimewa di bulan Ramadhan, yaitu Nuzulul Al-Qur’an yang merupakan peristiwa diturunkannya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW,” katanya.
Pria yang akrab disapa Guru Khalil itu mengatakan, Al Quran sebagai pedoman umat Islam memiliki nilai sastra yang luar biasa dan yang terpenting adalah makna yang terkandung di dalamnya sangat luas, mencakup berbagai aspek kehidupan dan ilmu pengetahuan.
Turunnya Al-Qur’an merupakan mukjizat Nabi besar Sayyidina Muhammad SAW yang tiada tandingannya. Firman Allah SWT yang artinya, Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Qur’an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.
Karena itu, melalui momentum ini, dirinya mengajak kepada semua, menjadikan kegiatan malam ini, sebagai muhasabah diri dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengamalan terhadap ajaran-ajaran yang terkandung dalam Al Quran.
Sehingga, jika di bulan-bulan yang lalu masih banyak melakukan hal-hal yang tidak memberi manfaat, sebagai contoh lebih banyak meudak HP, nonton tv, daripada membaca Al-Qur’an.
Maka, ia mengajak pada bulan yang penuh maghfiroh ini, kita ganti dengan perbuatan-perbuatan yang sifatnya memperbanyak amal kebaikan, perbanyak membaca ayat-ayat suci Al Quran, apalagi kita sudah berada di akhir-akhir bulan ramadhan.
“Kapan lagi kita memperbaiki diri kalau tidak dimulai dari sekarang dan janganlah suka menunda-nunda waktu, sebab kita tidak tahu kapan kehidupan kita akan berakhir,” katanya.
Pada momentum ini Guru Khalil mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya Kabupaten Banjar dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H yang tinggal beberapa hari lagi, agar tidak menyia-nyiakan kesempatan dengan perbuatan yang tidak memberi manfaat.
Tetapi sambutlah hari kemenangan dengan mengisi kegiatan keagamaan, mengagungkan Allah SWT, menggemakan takbir di Mesjid ataupun di Musholla, serta memperbanyak Silaturrahmi dengan keluarga, tidak usah menyalakan kembang api dan petasan.
Peringatan malam Nuzulul Qur’an di masjid terbesar di Kabupaten Banjar tersebut diikuti ribuan jamaah. Di masjid ini, sejak malam ke-21 Ramadan, dipenuhi oleh jamaah yang ingin melakukan itikaf dan berbagai ibadah lainnya, untuk menyambut datangnya Lailatul Qadar.

Ceramah agama pada peringatan Nuzulul Quran kemarin, diisi oleh Ketua MUI Kabupaten Banjar KH Fadlan As’ari. Ia menyampaikan seputar Nuzulul Quran serta mengimbau agar meningkatkan ibadah pada 10 hari terakhir Ramadan 1440 H tahun ini. (MC Kominfo Kab. Banjar/Prs/Dani

Source:: Media Center