Bupati Banjar Hadiri Haul ke-63 Almagfurllah Tuan Guru H Zainal Ilmi bin H Abdussamad

Martapura,InfoPublik — Bupati Banjar, H Khalilurrahman menghadiri haul ke-63 Almagfurllah Tuan Guru H Zainal Ilmi bin H Abdussamad.

Dengan berbaur bersama ribuan jamaah orang nomor satu di Kabupaten Banjar ini pun dengan khusyuk mengikuti kegiatan haul di Mushola Hidayah Desa Dalam Pagar Ulu Martapura Timur Kabupaten Banjar, Senin (15/7/2019) pagi.

Bupati Banjar, H Khalilurrahman mengatakan, melalui momentum haul ini, mengharapkan kepada seluruh stakelolder, para alim ulama, tokoh masyarakat, maupun tokoh pemuda agar menghargai satu dengan yang lainnya.

Guru khalil juga mengingingkan agar selalu ikut berperan aktif dalam memberi pemahaman kepada masyarakat, supaya tidak terpengaruh dengan aliran yang menyesatkan, yang mengajak ataupun mengiming-imingi berupa janji masuk surga atau jihad yang tidak lain adalah itu semua pemahaman yang pada intinya ingin memecah belah umat Islam.

“Mari bersama-sama berpartisipasi dalam mengantisipasi menyebarnya aliran-aliran, pemahaman yang tidak sesuai dengan ajaran agama kita,” imbuhnya.

Selaku tuan rumah, H Sya’rani berterimakasih atas kedatangan Bupati Banjar, H Khalilurrahman dan jamaah di haul ke-63 Tuan Guru H Zainal Ilmi bin H Abdussamad. Mudah-mudahan bagi yang hadir mendapat barokah tuan guru H Zainal Ilmi.

Selanjutnya Ustadz H Ahmad Daudi membacakan manakib atau riwayat singkat Tuan Guru H Zainal Ilmi. Banyak keteladanan dari Tuan Guru H Zainal Ilmi, ulama yang sangat berpengaruh dikalangan masyarakat dan pejabat pemerintah. Lahir pada malam Sabtu pukul 04.30 wita, 7 Rabiul Awwal 1304 Hijirah di Desa Dalam Pagar.

Seorang ulama rendah hati, tawadu, serta pemurah. Tidak pernah marah, penuh kasih sayang terhadap keluarga dan murid, serta masyarakat.

Kata-kata beliau sangat menyejukan hati, kerendahan hati Tuan Guru H Zainal Ilmi terdengar dalam ucapannya sehari-hari dengan kalimat seperti “inggih” dan “pun”. Selalu diakhiri dengan kalimat “pun”.

“Ini menunjukan kerendahan beliau yang patut dicontoh, tawadunya beliau. Tuan Guru H Zainal Ilmi seorang pemurah, menyantuni fakir miskin dan janda-janda, setiap beliah dalam hal ini tidak seorang pun mengetahui kecuali kepercayaan beliau yang menyampaikan dan menerima santunan, yang mengetahui hanya beliau dan penerima santunan,” ucap Ustad H Ahmad Daudi yang membacakan Manakib Tuan Guru H Zainal Ilmi.

Seusai membaca manakib dilanjutkan dengan pembacaan Surah Yaasin dan tahlil. Pada haul ke-63 Tuan Guru H Zainal Ilmi didahului dengan pembacaan maulid Habsy dan pembacaaan ayat suci Alquran.(MC Kominfo Kab.Banjar/Ags)

Source:: Media Center