Bupati Banjar Kunjungan ke Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera

Martapura, InfoPublik – Penghuni Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera sumringah menyambut kedatangan Bupati Banjar, H Khalilurrahman bersama rombongan, di Jalan A.Yani Km 38, Martapura, Kabupaten Banjar, Rabu (21/8/2019). Kedatangan orang nomor satu di lingkungan Pemkab Banjar itu dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-69 Kabupaten Banjar dan HUT ke 74 Kemerdekaan RI.
Bupati Banjar merasa sangat berbahagia bisa bersilaturrahmi dan bertemu dengan penghuni Panti Sosial Budi Sejahtera. Kegiatan seperti ini, bukan hanya sekedar bertemu dan bertatap muka dengan mereka, sekalian sebagai wujud rasa syukur, nikmat Allah SWT, dengan berbagi rasa, motivasi, moral, yang mana pada intinya, kegiatan ini adalah bentuk nyata kepedulian pemerintah daerah kepada bapak-bapak dan ibu-ibu yang tinggal di panti sosial ini.
Berdasarkan UU RI No 13 Tahun 2019, pasal 5 ayat 2, disebutkan bahwa sebagai penghormatan dan penghargaan kepada lanjut usia, diberikan hak untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, meliputi pelayanan keagamaan dan mental spiritual, pelayanan kesehatan, dan bantuan sosial.
“Anjangsana ini sebagai bentuk perhatian kepada lapisan masyarakat lanjut usia, sehingga diharapkan mereka dapat melakukan aktifitas dan kegiatan keagamaan sesuai kemampuan, bahagia, dan sehat dihari tuanya,” katanya.
Pada kesempatan anjangsana itu, Pria yang akrab disapa Guru Khalil ini berpesan kepada para lansia bahwa hati lansia harus tetap senang dan jangan susah hati serta dalam menjalani hidup tetap dapat berguna bagi sesama.
Guru Khalil mengapresiasi kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Banjar sebagai koordinator kegiatan Bakti Sosial, kepada dinas sosial, Baznas Kabupaten Banjar, dan semua pihak, sehingga dapat terlaksana silaturahmi ini. Begitu juga terima kasih kepada pimpinan Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera yang telah menerima kehadiran Bupati Banjar dan rombongan serta memfasilitasi pelaksanaan acara ini.
“Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut dan menjadi salah satu agenda khusus pada hari peringatan lainnya di Kabupaten Banjar. Bakti sosial yang dilaksanakan pada hari ini, sebagai wujud rasa mencintai dan menyayangi orang tua lansia termasuk mereka yang menjadi penghuni Panti Tresna Werdha ini, karena mereka semua merupakan tanggung jawab sosial kita bersama,” ujarnya.
Dia pun berharap kiranya pertemuan dan rasa kebersamaan yang telah terbentuk ini dapat semakin ditingkatkan, karena hanya dengan kebersamaan dan kesabaranlah, maka beban seberat apapun Insya Allah akan dapat diatasi.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Banjar, H Aspihani menyampaikan Dinas PMD sebagai panitia pada bidang bakti sosial dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Banjar.
“Anjangsana ini adalah salah satu bentuk diantara kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan, sebagai bentuk perhatian kita Pemerintah Kabupaten Banjar, selain di Panti Sosial ini, kita juga pada tanggal 27 akan menyelenggarakan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di Desa Malintang, Kecamatan Gambut,” Ungkapnya.

Bupati Banjar, H Khalilurrahman didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Raudathul Wardiyah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Banjar, H Aspihani, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Banjar, H Ahmadi, Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, HM Farid Soufian memberikan bantuan secara simbolis kepada perwakilan penghuni Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera.

Usai melakukan anjangsana dan menyerahkan bantuan untuk penghuni Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera Martapura yang berjumlah 60 orang terdiri dari 39 pria dan 31 wanita, Bupati Banjar meresmikan Sistem Pelayanan Dana Desa (Sipadas) di Kantor Dinas PMD Kabupaten Banjar yang berlokasi bersebelahan dengan panti sosial tersebut. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Man/Rzq/Prs/Dsy)

Source:: Media Center