Bupati Ingin Replanting atau Peremajaan Karet

Martapura, InfoPublik – Bupati Banjar, H Khalilurrahman meninginkan replanting atau peremajaan tanaman karet di Kecamatan Simpang Empat. Hal ini disampaikan beliau, pada safari ramadan dan buka bersama warga di Masjid Al Muhajirin Desa Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat, Senin (20/5/2019).
Bupati Banjar, H Khalilurrahman mengatakan tidak terasa umat Islam sudah melewati 10 hari pertama Bulan Ramadhan, dan kini sudah berada di 10 hari kedua Bulan Ramadhan.
“Untuk itu, mari kita semakin meningkatkan semangat ibadah dengan memperbanyak melakukan Qiyamul Lail, I’tikaf, Tadarus Qur’an, berdzikir, dan memperbanyak amal sholeh, karena di dalam 10 ramadhan kedua ini, merupakan kesempatan yang paling tepat untuk memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa-dosa yang telah kita lakukan, dan Allah SWT akan membukakan pintu magfirah dan ampunan yang seluas-luasnya kepada kita hambanya,” pesan Bupati Banjar
Selanjutnya, Guru Khalil, sapaan akrab Bupati Banjar, menjelaskan Kabupaten Banjar termasuk salah satu kabupaten yang memiliki komoditas unggulan tanaman karet terbesar di Kalimantan Selatan. Ini adalah anugerah dari Allah SWT, bahwa tanah banjar memiliki beberapa wilayah yang agroklimat untuk mendukung perkebunan karet tersebut.
“Ada tiga kecamatan di Kabupaten Banjar yang merupakan penyumbang terbesar tanaman karet, dan salah satunya adalah Kecamatan Simpang Empat. Kita tentu menyadari, dalam kurun waktu 4 tahun ini harga karet masih relative rendah, tetapi karet masih tetap menjadi primadona,” kata Guru Khalil
Menurutnya, pemerintah pada tahun ini akan melakukan replanting atau peremajaan karet seluas 455 Ha, 110 Ha di antaranya ada di Kecamatan Simpang Empat yaitu Desa Paring Tali 74 Ha, Desa Sungkai Baru 26 Ha dan Desa Sungai Raya 10 Ha.
“Pada bulan ini, akan kami kirimkan bantuan ke semua kelompok tani, yaitu berupa bibit 48.400 pohon, pupuk 13,2 ton, fungisida 220 liter, herbisida 220 liter, festisida, hand sprayer dan shinshau. Kami berharap kepada penerima/pekebun agar nantinya memanfaatkan kegiatan ini dengan baik, dengan memperhatikan anjuran tehnis dari penyuluh,” kata Guru Khalil
Bupati meminta para pekebun agar tidak perlu gelisah terkait dengan harga karet, karena saat ini komoditas karet saat ini sedang diberdayakan UPPB (Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar) saat ini sedang dilakukan uji coba karet sebagai bahan baku aspal, yang diharapkan bisa meningkatkan harga karet.
Bupati Banjar, H Khalilurrahman menambahkan beberapa program kegiatan tahun 2019 yang akan dilaksanakan di Kecamatan Simpang Empat antara lain yaitu Pembangunan Perpustakaan SDN Lawiran, Pembangunan RKB SD Zona 1 SDN Tanah Intan, Pembangunan Ruang Guru SDN Tanah Intan, Pembangunan Perpustakaan SDN Lawiran, Rehabilitasi Bangunan Sekolah dan Pemagaran Halaman di SDN Paku, serta Pembangunan Sarana Air Bersih dan Sanitary melalui DAK Reguler Swakelola di SDN Paku dan SDN Simpang Empat.
“Pengadaan Set Komputer SIKDA Puskesmas, pengadaan sepeda motor roda 2 untuk puskesmas keliling, perbaikan jalan desa Batu Balian, rekonstruksi Jembatan Poros Desa Sungai Tabuk Desa Tanah Intan dan Desa Lok Cantung, serta pemasangan penerangan jalan umum di Jalan A. Yani Sungkai. Mohon dukungan semoga beberapa program kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan lancar,” tambah Khalilurrahman
Dia juga mengimbau pemerintahan desa untuk menghidupkan kembali perpustakaan desa dengan mengalokasikan dana desa. “Menumbuhkan minat baca akan menambah pengetahuan, yang secara otomatis juga akan meningkatkan pendidikan di lingkungan warga masyarakat kita. Saya yakin, dengan bertambahnya pengetahuan dan pendidikan, indeks pembangunan manusia (IPM) di Kabupaten Banjar dapat kita tingkatkan,” katanya.
Pada safari ramadan 1440 H ini Bupati Banjar, H Khalilurrahman didampingi Ketua TP PKK Kab.Banjar, Hj Raudhatul Wardiyah, napak berhadir juga Dandim 1006/Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto, Pejabat Sekretaris Daerah Kab.Banjar, I Gusti Nyoman Yudiana para Asisten Bupati, para Kepala SKPD Banjar, Camat, Pembakal, penceramah HM Itqon serta tokoh masyarakat. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Rzq/Ags/Man)

Source:: Media Center