Bupati Inginkan Astambul Tetap Jadi Sentra Jeruk

Martapura, infoPublik – Pemerintah Kabupaten Banjar mendorong pengembangan sektor pertanian dan perkebunan di Kecamatan Astambul . Komoditas yang diunggulkan antara lain, jeruk dan cabe.
Kecamatan Astambul memang sebagai salah satu sentra jeruk di Kabupaten Banjar. Tahun ini akan dikembangkan jeruk seluas 50 hektar di Kecamatan Astambul dengan menggunakan APBN 2019.
Pemerintah menginginkan agar perkebunan jeruk terus dikembangkan dengan baik, kebun jeruk yang ada dipelihara sehingga tetap berproduksi. Apalagi jeruk Astambul dikenal manis dan salah satu jeruk unggulan Provinsi Kalimantan Selatan.
“Kalau ada tanaman yang terserang Diplodia atau sudah berumur tua dan tidak produksi lagi agar dimusnahkan dan diremajakan. Pertahankan jeruk ini, untuk kita semua apalagi peluang pasar terbuka lebar,” Bupati Banjar H Khalilurrahman, di hadapan warga saat melakukan safari Ramadan dan buka bersama warga di Masjid Sirajul Aman Desa Sungai Alat Kecamatan Astambul, Senin (27/5/2019).
Di Kecamatan Astambul Pemkab Banjar juga mengembangkan tanaman cabe. Seperti yang dikembangkan di Desa Benua Anyar Kecamatan Astambul dikembangkan cabe rawit sseluas 2 hektar menggunakan dana APBN.
Setiap tahun Kabupaten Banjar mendapat alokasi pengembangan cabe dari Kementerian Pertanian, dalam rangka stabiltas produksi dan pasokan ke pasar, karena cabe termasuk termasuk komoditas strategis yang berpengaruh terhadap inflasi. “Kita berharap dukungan dan partisipasi masyarakat untuk mensukseskan kegiatan pengembangan tanaman cabe ini di Kecamatan Astambul,” ujar Bupati Banjar.
Pada tahun ini, Kecamatan Astambul menjadi salah satu kecamatan yang dialokasikan kegiatan selamatkan rawa, sejahterakan petani (Serasi) sebagai upaya untuk meningkatkan indek pertanaman dari semula sekali setahun menjadi dua kali setahun.
Pada safari ramadan kali ini, turut hadir Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Raudhatul Wardiyah, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Nur Gita Tyas, berhadir juga, Forkopimda, Penjabat Sekda Banjar, para Kepala SKPD Banjar, Asisten Bupati, Staf Ahli Bupati, Camat Astambul beserta Kepala Desa, serta Tokoh Masyarakat.
Bupati Banjar secara simbolis menyerahkan bantuan untuk Masjid Sirajul Aman Desa Sungai Alat Kecamatan Astambul, sebesar Rp25.000.000,00 yang diterima oleh pengurus masjid dan juga menyerahkan paket sembako serta paket pakaian sholat kepada warga.(MC Kominfo Kab.Banjar/Rzq/Ags/Man/Dani)

Source:: Media Center