Germas Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

Martapura, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Banjar terus meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat sebagaimana program Pemerintah dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sesuai dengan Inpres Nomor 1 Tahun 2017.
Bertempat di Aula Barakat, Martapura, Kamis (15/8/2019). Rapat Koordinasi Forum Germas digelar, hadir Sekda Banjar HM Hilman, Kepala Dinas Kesehatan Kabupten Banjar Ikhwansyah, dan Narasumber dari Perwakilkan Kementerian Kesehatan RI Irna Nurbaeti dan Milza N Rosad.
Sekda Banjar HM Hilman dalam arahannya mengatakan implemtasi dari Germas menunjukan bahwa harus melakukan tindakan sistematis dan terencana secara bersama sama guna meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat.
“Dilakukan dari kita semua dengan kemauan dan kemampuan berprilaku hidup sehat, dan dengan menitik fokuskan dikawasan desa-desa tertinggal, kita dapat mewujudkan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik,” ungkapnya.
Menciptakan regulasi, Surat Keputusan Bupati tentang pembentukan forum masyarakat hidup sehat lintas sektoral dengan melibatkan stakeholder terkait.
“Merupakan tindakan lanjut perhatian Pemerintah Kabupaten Banjar dalam upaya mewujudkan aksi Germas baik dari unsur Pemerintah, swasta dan komponen masyarakat adalah dengan menciptakan forum masyarakat hidup sehat ini,” katanya.
Hilman menambahkan dalam mewujudkan program Germas secara efektif dan bersinergi program tersebut di Kabupaten Banjar mengeluarkan regulasi SK Bupati dan dukungan SOPD terkait, serta kegiatan germas yang didukung baik dari anggaran desa maupun kelurahan, dan juga peran swasta melalui forum Corporate Social Responsibility (CSR).
“Kita berharap dalam mendukung program Germas ini, turut serta dukungan dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, stakeholder terkait, dan media massa dalam mensosialisasikan program Germas, sehingga terbentuk kerjasama yang saling bersinergis untuk menjamin keberlanjutan program aksi Germas” tambahnya.
Sebelumnya penelitian Germas dilakukan pada Desa Bunifah Kecamatan Aluh-Aluh sebagai Pilot Project Germas pada kategori desa tertinggal wilayah tengah Indonesia oleh Kementerian Kesehatan, untuk dikembangkan pada desa-desa lainnya di Kabupaten Banjar, dan secara bertahap berlanjut pada tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi hingga tingkat Nasional. (MC-Kominfo-Kab. Banjar/Prs/Dsy)

Source:: Media Center