Jamaah Kabupaten Banjar Menuju Arafah

Mekkah, infoPublik – 325 jamaah haji asal Kabupaten Banjar yang tergabung di kelompok terbang (Keloter) 3 embarkasi Syamsudin Noor Banjarmasin, hari ini Jumat (9/8/2019) mulai berangkat menuju Arafah.
Informasi dari Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD) Kabupaten Banjar H Masruri yang mendampingi jamaah, beberapa hari sebelumnya TPHD Banjar bersama dengan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), Tim Pembimbing Haji Indonesia (TPHI) dan Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) telah melakukan survei lokasi ke Arafah, Muzdalifah, dan Mina untuk kemudahan keberangkatan jamaah calon haji menuju Armuzna untuk pelaksanaan kegiatan rangkaian kegiatan ibadah Haji.
TPHD Banjar juga telah melakukan rapat bersama dengan ketua rombongan dan ketua regu untuk mendata terkait fisik dan kesehatan jamaah. “Dari hasil rapat tercatat 21 orang jamaah yang akan melakukan badal atau dibantu melontar Jumrah,” ujar H Masruri Jumat (9/8/2019).
21 jamaah yang akan melaksanakan badal melontar Jumrah karena uzur syar’i faktor usia lanjut, dan beberapa karena mengindap penyakit yang berisiko tinggi. Berapa jamaah juga tercatat perlu dibantu kursi roda untuk melakukan Tawaf Ifadhah dan Sa’i setelah ibadah di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.
“Sampai saat ini di Mekah dari 325 orang Kloter 03 BDJ Kabupaten Banjar, ada 2 orang yang masuk rumah sakit, yaitu Siti Kurnia dan Mahmudah. Alhamdulillah kedua orang ini sudah sembuh dan telah menyelesaikan ibadah umrohnya yang wajib,”tutur Staf Ahli Bupati Banjar ini.
Masruri juga menambahkan, Kloter 03 BDJ Kabupaten Banjar 325 yang menginap di Hotel Najmat Ajyat 906 di Zonase Rei Bakhsi, sekitar 1 KM dari Mesjidil Haram, telah diberikan diberikan pencerahan tentang prosesi kegiatan ibadah haji yang harus dilaksanakan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina. “Hal ini agar nantinya jamaah tidak bingung dan paham akan ibadah yang harus dilakukan,”imbuhnya.
Jamaah haji Kabupaten Banjar juga didampingi oleh TPIHI H.Zubaidi, SHI, tiga orang TKHI yakni dr Zaskiya, H. Jamhuri dan Gt. Yudiliansyah sedangkan TPHD yakni H. Masruri, Muhammad Luthfi serta Dudung Suryana (MC-Banjar/Dani/Eyv)

Source:: Media Center