Kabupaten Banjar Gelar NAGA 2019

Martapura, InfoPublik – Proses pemilihan Nanang dan Galuh (Naga) Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan kembali digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), di Aula Kantor Disbudpar, Kamis (18/4/2019).

Pemilihan Nanang dan Galuh dapat dilihat dari antusias para peserta yang sangat luar biasa dalam ajang tahunan ini. Terbukti jumlah peserta sudah mencapai ratusan yang berasal dari berbagai kalangan.

“Jumlah peserta kemungkinan akan terus bertambah, karena itu kita akan tunggu hingga sore ini (Kamis), untuk para peserta yang akan mendaftar,” ujar Kabid Pemasaran Pariwisata Badiah.

Badiah juga menambahkan, persyaratan untuk para peserta Nanang dan Galuh yaitu dari segi usia 16-24 tahun dan tinggi badan untuk Nanang minimal 165 cm, sedangkan untuk Galuh 160 cm.

“Untuk domisili bebas, namun kita mengutamakan mereka yang berdomisi di wilayah kabupaten banjar, tapi sampai hari ini kebanyakan yang mendaftar yang berdomisil di kabupaten banjar,” tegasnya.

Dikatakan Badiah, pergelaran pemilihan Nanang Galuh pada tahun 2019 ini mengangkat tema “Nanang Galuh Bernuansa Islami”. Nantinya para peserta akan beradu pada audisi yang akan digelar pada 22-23 April.

“Dari hasil audisi nanti kita akan mencari 9 pasang Nanang dan Galuh, mereka nantinya akan mengikuti karantina,” tegasnya.

Para peserta audisi Nanang Galuh ini akan beradu wawasan mengenai pariwisata, pemerintahan, kebudayaan, keagamaan, dan bahasa asing minimal pasif.

Sekretaris Disbudpar Aidi Hikmatullah berharap, kegiatan audisi Nanang Galuh ini dapat berjalan dengan lancar, dan nantinya para finalis yang terpilih dapat berkontribusi dalam memajukan pariwisata yang ada di Kabupaten Banjar.

(MC-Kominfo-Kab.Banjar/headline9/dessy).