Kabupaten Banjar Optimis Masuk TOP 12 Kompetisi LAPOR-SP4N!

Jakarta, Infopublik – Layanan Aspirasi Online Rakyat Sistem Pengadaan Pelayanan Publik Nasional (LAPOR-SP4N!) Kabupaten Banjar yang berhasil masuk sebagai TOP 40 terbaik nasional kembali melanjutkan tahapan penilaian lanjutan menuju TOP 12 terbaik Kompetisi SP4N-LAPOR! Tahun 2019.
Pada tahapan ini, Pemerintah Kabupaten Banjar mempresentasikan tentang pengelolaan LAPOR SP4N yang selama ini menjadi layanan aduan masyarakat di Kabupaten Banjar oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar H. M. Hilman, ST, MT di dampingi Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persanidan Kabupaten Banjar, Dr. Ir. Farid Soufian MS dan Kabid Informasi dan Komunikasi Publik, Eddy Elminsyah Jaya bertempat di Hotel Aryaduta Suites Semanggi, Jakarta, Rabu (27/11/2019) malam.
Tim Penilai Kompetisi SP4N-LAPOR! Tahun 2019 dipimpin oleh Mantan Menteri PAN RB, Dr. Ir. H. Azwar Abu Bakar, General Manager Berita Satu TV, Adi Prasteya, Pengamat Pelayanan Publik, Ombudsman RI, Dadan Supardjo, Meuthia dari Akademisi dan Ketua Bidang Pengaduan dan Hukum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Sularsi, serta Direktur Program dan Produksi iNews, Sulaeman.
Pada presentasi tersebut H. M. Hilman memaparkan berbagai kegiatan sosialisasi LAPOR! Yang telah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Banjar diantaranya Talk Show LAPOR-SP4N di Banjar Expo dan ke desa-desa yang berada di wilayah Kabupaten Banjar.
“Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar juga mensosialisasikan LAPOR-SP4N melalui majalah, Radio, Brosur, stiker, baliho, televisi, media cetak dan media sosial,” tambahnya.
Bahkan dengan adanya aplikasi LAPOR sangat membantu Pemerintah Daerah dalam membangun Kabupaten Banjar, karena masyarakat juga ikut berpartisipasi dalam pembangunan. Misalnya ada masyarakat yang mengadukan jalan yang rusak, maka akan ditindaklanjuti untuk segera diperbaiki, kalau tidak tahun ini maka tahun depan,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, H.M. Farid Soufian mengatakan Pemerintah Kabupaten Banjar optimis mampu memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Banjar menuju TOP 12 Kompetisi SP4N-LAPOR! Tahun 2019.
Dia juga mengharapkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Banjar untuk tidak takut melapor, hanya dengan format sms Ketik BANJAR Aduan kirim ke 1708 masyarakat sudah dapat berpartisipasi terhadap pembangunan Kabupaten Banjar yang lebih baik lagi.
Kompetisi SP4N-LAPOR! Sendiri bertujuan untuk mencari instansi pemerintah yang memiliki tim yang tanggap dalam melayani pengaduan publik melalui platform LAPOR.
Sebelumnya, peserta kompetisi sudah melalui tahapan penilaian mandiri dan evaluasi dokumen. Setelah mengikuti tahap wawancara, akan dilanjutkan dengan observasi lapangan yang dilakukan oleh tim evaluasi ke unit pengelola pengaduan. Setelah serangkaian tahapan tersebut, akan ditentukan 12 pengelola pengaduan terbaik atau Top 12 Kompetisi SP4N-LAPOR! Tahun 2019. (McBanjar/Mmy/Hendy)

Source:: Media Center