Kabupaten Banjar Terima Penghargaan SAKIP Ketigakali

Banjarmasin, infoPublik – Pemerintah Kabupaten Banjar kembali menerima Penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018. Penghargaan tersebut merupakan yang ketiga kalinya diterima secara berturut-turut, dengan nilai B.
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menyerahkan Laporan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE SAKIP) tahun 2018, serta menyerahkan penghargaan kepada sejumlah kepala daerah termasuk Kabupaten Banjar. Penghargaan disampaikan langsung oleh Menteri PAN-RB, Syafruddin dan diterima oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman, di Golden Tulip Galaxy Hotel, Banjarmasin, Rabu (6/2/2019).
Penyerahan penghargaan untuk daerah wilayah II meliputi 11 Provinsi dan 150 kabupaten dan kota se-Kalimantan, Lampung, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, serta DKI Jakarta.
Kementerian PANRB memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Kabupaten Banjar yang berhasil menerapkan SAKIP dalam tata kelola pemerintahannya, dengan nilai B. Apresiasi diberikan karena dinilai berhasil menerapkan SAKIP dengan baik dan mewujudkan tingkat efektivitas dan efisiensi dalam penggunaan anggaran demi mencapai sasaran yang telah ditetapkan bagi kesejahteraan masyarakat.
Menurut Menpan RB, Syafruddin, dengan penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah maka 11 pemerintah provinsi dengan 150 kabupaten dan kota, mampu menghemat Rp22,3 triliun. Sedang secara nasional 2018 tadi, berhasil menghemat anggaran sebesar Rp65,1 triliun.
Evaluasi SAKIP, lanjut Syafruddin, bukan sebagai ajang kompetisi tentang keberhasilan mencapai indikator penilaian. Melainkan lebih kepada bagaimana mengasistensi, mendampingi dan memberi saran perbaikan untuk masalah yang dialami. Kemenpan akan membatu daerah menyusun perencanaan, pelaksanaan program, memberikan masukan, serta mengawasi target capaian program serta evaluasi.
Menurutnya efisiensi bukan hanya tentang cara memotong anggaran, tetapi juga penerapan manajemen berbasis kinerja. Misal penerapan e-government melalui e-budgeting untuk menghindari program yang berpotensi penyimpangan.
Bupati Banjar H Khalilurrahman melalui Sekretaris Daerah Banjar H Nasrunsyah mengungkapkan bahwa apresiasi Pemerintah Pusat melalui Kementerian PAN RB dalam LHE SAKIP patut disyukuri. Apalagi penghargaan tersebut merupakan yang ketiga kalinya diterima oleh Kabupaten Banjar.
“Jadi apa yang kita kerjakan sudah cukup bagus dan semua ini merupakan hasil dari kerja bersama dengan semua SKPD. KInerja ini akan terus kita tingkatkan dan perbaiki menyelaraskan antara perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi,” jelas Nasrunsyah yang turut menemani Bupati menerima penghargaan, bersama dengan Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian H.M Farid Soufian, Kepala Bappelitbang Galuh Tantri Narindra, Kabag Organisasi Akhmad Fauzi.
Ditambahkannya bahwa Bupati H Khalilurrahman berkeinginan untuk terus melakukan perbaikan terutama dalam hal efesiensi anggaran agar efektif dan mengeanai sasaran. “Beliau meminta kita untuk melakukan penganggaran focus pada satu sasaran program dengan dukungan dari segenap SKPD,” ujar Sekda. (MC-Banjar/Dani)

Source:: Media Center