Koramil Aluh-Aluh Budidayakan Tanam Sayuran Di lokasi Demplot

Martapura, InfoPublik – Koramil 1006-11/ Aluh aluh, kembali membantu pemerintah daerah berupaya dalam mendukung ketahanan pangan melalui kebun demplot milik Koramil Aluh – aluh.

Hal tersebut terlihat saat anggota Koramil, Jumat (11/9/2020) melakukan pemeliharaan dengan mengolah tanah dan membuang gulma di sekitar tanaman sayur-sayuran .

Danramil Kapten Inf Edi Supriyadi mengatakan, di lahan kegiatan ini bentuk keseriusan dukungan Kodim 1006/ Martapura, dalam membantu Pemerintah Daerah melalui Koramil Jajarannya, untuk menciptakan program cadangan pangan di masa pandemi Covid-19.

“Kebun demplot yang dibuat di area pekarangan rumahya di Trikora Banjarbaru sudah panen satu kali, seperti Kacang Panjang, Timiun, Terong, Tomat dan jagung yang saat ini kami tanam,”ujar dia.

Menurut Edi, hal tersebut juga salah satu metode penyuluhan, memberi contoh untuk memotivasi semangat kepada masyarakat agar dapat berperan aktif meningkatkan swasembada pangan di daerah melalui program ketahanan pangan, memanfaatkan pekarangan.

Sementara itu, mantri tani petugas PPL Ahmad Rifani sangat mendukung apa yang dilakukan oleh anggota TNI peran sangat besar dampak pada ekonomi masyarakat saat ini.

Rifani menjelaskan sejauh ini demplot tersebut sudah tampak hasilnya. Kami akan terus membantu Koramil Aluh- aluh dan juga tak terlepas dari dukungan semua pihak.

“Atas dukungan semua pihak yang telah memberikan support, kami ucapkan terima kasih sehingga kebun demplot ini dapat terlaksana dengan baik,”ucap dia.

Ia juga menambahkan beberapa bibit juga sedang ditanam seperti jagung dan juga rencananya akan disarankan juga kepada pak Danramil untuk ditanami Kol melihat tanah yang subur tersebut.

“Ya, Secara ekonomis, pemanfaatan lahan kosong yang ada di sekitar kita secara tidak langsung dapat mengurangi pengeluaran pembelanjaan rumah tangga terhadap kebutuhan pokok sehari-hari,” tuturnya. (MC Kab.Banjar/Daus/Rzq/Man)

Source:: Media Center