Korban Kebakaran Diberi Santunan di Banjar

Martapura,InfoPublik – Perhatian Pemerintah Kabupaten Banjar terhadap warganya yang tertimpa musibah cukup besar. Sehari setelah musibah kebakaran di Gang Penawar Jalan Cempaka Martapura Kabupaten Banjar yang terjadi pada pukul 14.00 Wita, Minggu (19/5/2019).
Bupati Banjar, H Khalilurrahman didampingi Kepala BPBD Kabupaten Banjar, HM Irwan Kumar, Penjabat Sekda Banjar, I Gusti Nyoman Yudiana beserta jajaran memberikan bantuan kepada korban kebakaran, Senin (20/5/2019) pagi.
Bupati Banjar, H Khalilurrahman sesampainya di lokasi kebakaran berbincang dengan warga yang terkena dampak tersebut. Pria yang akrab disapa Guru Khalil menyemangati para korban kebakaran agar tabah dan dirinya menyampaikan rasa empati atas musibah tersebut.
Kepala BPBD Kabupaten Banjar, HM Irwan Kumar mengatakan, pihaknya bersama dinas terkait pada Minggu malam sudah ada mendirikan dapur umum di lokasi kebakaran, serta menyalurkan bantuan seperti mie instan, air kemasan mineral, dan makanan siap saji karena sedang bulan Ramadan dan korban ada yang berpuasa.
Dilanjutkan Bersama Bupati Banjar, H Khalilurrahman memberikan bantuan pada Senin (20/5), bantuan berupa selimut, terpal, handuk, gelas, piring untuk para korban. Saat ini mengutamakan bantuan untuk memenuhi kebutuhan makan para korban kebakaran lebih dulu.
“Ada juga santunan dari Baznas, masing-masing Kepala keluarga mendapatkan Rp 2 juta, BPBD Provinsi juga sudah menyerahkan bantuan. Sedangkan bantuan untuk membangunkan rumah, akan menyesuaikan dengan Peraturan Bupati Banjar,” katanya.
Api menghanguskan rumah Siti Khadijah sekeluarga, rumah Ridwan, Hj Yati, Rusdi, dan Amar. dan Masdar. Total ada enam rumah yang terbakar, rusak berat rumah Siti Khadijah dan Amar, sedangkan lainnya rusak ringan.
Seorang petugas UPT Damkar Kabupaten Banjar, Rizki mengatakan, bersyukur pihaknya bersama petugas pemadam kebakaran lainnya tidak ada kendala dalam memadamkan api di Gang Penawar tersebut, walau padat penduduk dan akses jalan sempit. Berkat kerjasama antar pemadam dan warga, api berhasil cepat dikuasai.

“Total ada enam rumah, belum bisa diperkirakan total nilai kerugiannya. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut,” katanya. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Prs/Man/Dessy)

Source:: Media Center