Pemprov Kalsel Berikan Mobil Penyapu Jalan untuk Kabupaten Banjar

Martapura, InfoPublik – Bupati Banjar H Khalilurrahman menyerahkan Mobil Penyapu Debu Jalan (Road Sweeper) kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar Boyke W. Tristianto, di Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Banjar usai Apel Gabungan SKPD, Senin (7/1).
Road Sweeper tersebut merupakan hadiah yang diberikan Dinas Lingkungan Hidup Kalimantan Selatan (Kalsel) kepada Kabupaten Banjar sebagai peraih nominasi Adipura Kencana 2018 tingkat provinsi.
“Untuk pengadaan mobil ini, saya meminta langsung kepada Paman Birin (Gubernur Kalsel Sahbirin Noor-red) setelah melihat kecanggihan mobil tersebut di pabriknya Tanggerang, kecanggihan mobil ini selain bisa membersihkan debu di jalan, juga bisa sedot sampah sampah di drainase,” ujar Khalilurrahman.
Dia berharap, adanya mobil Penyapu Debu Jalan ini dapat membuat Kabupaten Banjar menjadi lebih bersih lagi dan mampu meraih kembali piala Adipura.
Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar Boyke W. Tristianto menjelaskan, untuk pengoperasian mobil tersebut, pihaknya menyediakan tiga operator dan meminta ke provinsi supaya diadakan pelatihan.
“Hari ini kita mendapat undangan untuk menyiapkan operatornya, akan ada pelatihan pengoperasian mobil penyapu debu jalan yang dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan. Pelatihan nanti akan diikuti 3 kabupaten atau kota yang menerima hadiah mobil tersebut yaitu, Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, dan Kota Banjarmasin” katanya.
Ke depannya menurut dia, mobil ini akan difokuskan untuk rute jalan raya, karena jika pembersihannya dilaksanakan oleh manusia ada banyak kendala dan bahaya seperti kecelakaan “Dengan mobil Road Sweeper hal tersebut dapat teratasi,” tambahnya.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar menegaskan, meskipun ada mobil road sweeper, petugas kebersihan tidak akan diberhentikan.
”Cuma akan ada pemindahan tugas dan tempatnya saja, seperti taman dan jalan yang bukan jalan raya,” kata Tristianto. (MC-Kominfo-Kab. Banjar/Rzq/Prs/Dessy)

Source:: Media Center