Peran Keluarga Penting Dalam Penyembuhan ODGJ

Martapura, InfoPublik – Peran keluarga sangatlah penting bagi penderita gangguan jiwa dalam masa rehabilitasi dan proses penyembuhan.
Hal ini terungkap pada acara Sosialiasi Peran Keluarga dan Dukungan Keluarga Bagi Penderita Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan bekerja sama dengan Puskesmas Astambul dan Kecamatan Astambul, di Aula Kecamatan Astambul, Rabu (25/9/2019).
Sosialisasi diikuti 25 orang warga Kecamatan Astambul, yang merupakan keluarga dari ODGJ. Sosialisasi dilakukan agar keluarga penderita orang dengan gangguan jiwa paham dan mengerti perannya sebagai keluarga penderita ODGJ.
“Pada dasarnya, keluarga memiliki peranan penting dalam gangguan jiwa, khususnya mengenai seberapa cepat proses penyembuhan penderita gangguan jiwa selama menjalani pengobatan dan juga proses rehabilitasi,” jelas dr. Yanuar Satrio Sarosa, Sp.KJ, selaku narasumber.
Menurut dia, penderita ODGJ jangan dibiarkan berdiam diri, ajak dan berikan aktivitas seperti orang normalnya lainnya.
Psikolog Rika Vira Zwagery, S.Psi, M.Psi, menyebutkan, sangat penting untuk keluarga mengetahui penyebab gangguan jiwa yang dialami pasien, agar tepat penanganan dan pengobatannya. (mc-Kominfo-Kab.banjar/briefda-Uswatun/dani)

Source:: Media Center