Peringatan HPN Bupati Banjar Gelar Ramah Tamah Bersama SMSI

Martapura, InfoPublik – Bupati Banjar, H Khalilurrahman menjamu pengurus pusat hingga daerah Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di halaman Mahligai Sultan Adam, Pendopo Bupati Banjar, Martapura, Jumat (7/2/2020) malam.
Orang nomor satu di Bumi Barakat tersebut pada sambutannya mengatakan selamat datang kepada insan pers, khususnya yang tergabung dalam Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).
“Kami mengucapkan selamat datang di kota santri Kabupaten Banjar. Serambi mekkah, kami atas nama Pemerintah Kabupaten Banjar mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada insan pers yang selama ini sangat berkontribusi dalam kemajuan pembangunan daerah khususnya daerah kami Kabupaten Banjar,” kata Bupati Banjar.
Guru Khalil sapaan akrab Bupati Banjar H Khalilurrahman juga mengatakan apresiasi berbagai kritik dan saran rekan-rekan media yang dinilainya sangat membantu Pemkab Banjar mewujudkan good governance atau pemerintahan yang baik.
Ia juga menyampaikan populasi masyarakat Kabupaten Banjar saat ini mencapai 571.573 jiwa. Dan Guru Khalil menyebut tiga komoditas unggulan Kabupaten Banjar yang terus dikembangkan yakni perikanan, pertanian, dan pariwisata.
“Produksi ikan Kabupaten Banjar yang terbesar di Kalimantan Selatan, selain menjadi lumbung pangan dan sentra hortikultural,” tandasnya.
Bupati Banjar juga menyampaikan untuk diketahui, di Indonesia hanya ada di tiga provinsi terdapat sentra melati, mawar dan kenanga, yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalsel tepatnya di Kabupaten Banjar meliputi Kecamatan Martapura dan Karang Intan.
Potensi wisata di kabupaten ini juga tak kalah menariknya dan beragam. Ada wisata religi, alam hingga budaya. Wisata religi di antaranya yang paling terkenal adalah Makam Syekh Muhammad Arsyad Albanjari di Desa Kalampayan Tengah, Kecamatan Astambul, Martapura. Potensi wisata lainnya seperti wisata Pasar Terapung Lok Baintan, wisata alam Kiram Park, Hutan Raya Sultan Adam, Lembah Kahung, Pulau Raja Lima, Pulau Rusa, Pulau Pinus, Pulau Bekantan, Gunung Mawar dan lain-lain.
“Alhamdulillah, saat ini Kabupaten Banjar ditetapkan Gubernur Kalimantan Selatan sebagai bagian dari wisata alamnya Kalimantan Selatan,” ucap Bupati Banjar.
Dan masih banyak lagi sektor-sektor lainnya dan potensi-potensi di Kabupaten Banjar yang bisa dikembangkan untuk kemajuan daerah. Sehingga, rencana perpindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur, dimana Pemerintah Kabupaten Banjar sangat mendukung hal tersebut,
“Kami sudah sangat siap menjadi salah satu daerah penyangga keberadaan ibukota negara di Kalimantan Timur nantinya. Dengan melimpahnya sumber alam dan potensi-potensi yang dimiliki, kami meyakini mampu tumbuh lebih baik sebagai penyangga ibukota negara Republik Indonesia,” tandas Guru Khalil.
Guru Khalil berharap dukungan insan pers mempromosikan tentang keindahan dan potensi wisata di Kabupaten Banjar demi kesejahteraan masyarakat. Karena masih ada bagian yang belum terekspos maksimal.
Mengakhiri sambutan Bupati Banjar mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional tahun 2020.
“Semoga Pers Nasional semakin profesional, edukatif, kritis dan dewasa serta berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara,” pungkasnya dan tidak lupa H Khalilurrahman melontarkan pantunnya.
Sementara itu, Ketum SMSI, Firdaus mewakili seluruh insan pers SMSI mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Banjar telah menjamu yang dikemas pada acara Ramah Tamah Bupati Banjar bersama Para Jurnalis SMSI ini.
“Semoga kita, selalu dapat bersinergi dengan Pemerintah, baik Pemerintah Pusat, Daerah, Kabupaten Kota untuk saling membina, saling mendidik, dan saling menjaga keutuhan NKRI,” ungkapnya.
Adapun pada kesempatan yang sama Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, HM Hilman menyampaikan dalam rangka Hari Pers Nasional, Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah, Pemerintah Kabupaten Banjar menyelenggarakan Ramah Tamah Bersama Bupati Banjar.
“Kita menjamu teman-teman yang tergabung dalam SMSI, sebagi ucapan selamat datang ke Kalimantan Selatan, karena Kabupaten Banjar merupakan salah satu gerbang di Kalimantan Selatan, dan kita juga mempromosikan bahwa kita siap, untuk menjadi penyangga Ibu Kota Negara,” ucap Sekda Banjar.
Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan oleh Ketua Umum SMSI, Firdaus surat keputusan pembentukan Kepengurusan SMSI Kalsel dan Jambi disaksikan Bupati Banjar, Sekda Banjar, serta Forkopimda dan Kepala OPD lingkup Pemkab Banjar.
Acara ramah tamah ini juga diramaikan hiburan musik panting dari Sanggar Patuah binaan Disbudpar Banjar dan puisi rakyat Madihin, serta cindera mata untuk tamu SMSI berupa tas Butah/Anjat hasil kerajinan anyaman Suku Dayak. (MC Kominfo Kab. Banjar/Ags/Prs)

Source:: Media Center