Satpol PP Sita Anakan Ikan di Pasar Batuah

Martapura, infoPublik – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Banjar, melakukan penyitaan hewan anakan ikan yang banyak diperjual belikan oleh pedagang ikan di Pasar Batuah Martapura Kabupaten Banjar, Rabu (9/1/2019).
Menurut Kepala Bidang Penegak Produk Hukum Daerah (PPHD) Satpol PP Banjar Bahruddin dilakukan razia ini karena Anakan Ikan salah satu hewan yang dilindungi Peraturan daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2005 tentang Pengawasan dan Perlindungan Sumber Daya Ikan.
“Anakan ikan tersebut sementara diamankan sebagai barang bukti pelanggaran. Razian anakan ikan, dilakukan oleh Satpol PP Banjar beserta Dinas Perikanan dan Kelautan Banjar serta aparat kepolisian.”kata Banjar
Ia menjelaskan, anakan ikan yang ditemukan dijual pedagang di Pasar Batuah Martapura yakni jenis ikan haruan, ikan toman dan ikan betok. Jenis ikan tersebut memang saat ini tengah banyak yang memijah, bersamaan dengan tibanya musim penghujan. Anakan ikan yang baru lepas dari pengasuhan induknya menjadi sasaran para pencari ikan untuk ditangkap dan dijual kepada pedagang di pasar.
“Namun berdasarkan hasil wawancara dengan para pedagang, anakan ikan tersebut berasal dari perairan di luar Kabupaten Banjar. Para penangkap ikan, menjualnya kepada pedagang pengumpul di Pasar Subuh Martapura, yang kemudian menjualnya kepada pedagang di Pasar Batuah,” jelasnya.
Ditambahkan, giat razia anakan ikan sesuai dengan Peraturan Gubernur tentang Pengawasan dan Perlindungan Sumber Daya Ikan Nomor 24 tahun 2018 serta Peraturan daerah Kabupaten Banjar Nomor 7 Tahun 2005 tentang Pengawasan dan Perlindungan Sumber Daya Ikan.
Penindakan tersebut untuk menjaga kelestarian sumber daya perairan, sehingga tidak diperbolehkan menangkap serta memperjual belikan anakan ikan. Jika tetap dibiarkan, maka lama-kelamaan, ikan tersebut akan punah, karena tak ada regenerasinya. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Red8-Ramadhani/Dani)

Source:: Media Center