Strategi Pemkab Banjar Tingkatkan Eksistensi dan Peran Desa

Martapura, InfoPublik – Bursa Inovasi Desa dan Kemah Karya Bhakti Karang Taruna Tahun 2019 se-Kecamatan Aranio diselenggarakan di lapangan PLTA Tambela Aranio, Kabupaten Banjar, Jumat (19/7/2019).
Pada pembukaan acara yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut, nampak hadir Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar I Gusti Nyoman Yudiana, Plt Biro Kesra Setda Provinsi Kalimantan Selatan Mujiad, Kepala Dinas PMD Kabupaten Banjar Asphiani, Camat Aranio Taufiqurrahman serta Rombongan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI.
Plt Biro Kesra Setda Provinsi Kalimantan Selatan Mujiad yang mewakili Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor membuka sekaligus memberikan sambutan acara Bursa Inovasi Desa dan Kemah Karya Bhakti Karang Taruna Tahun 2019 se-Kecamatan Aranio.
Ia menyampaikan pada sambutan acara tersebut, program inovasi desa dapat meningkatkan kualitas penggunaan dana desa melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa.
“Pemprov Kalsel sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan di Kecamatan Aranio ini, kegiatan ini merupakan upaya Kabupaten Banjar memajukan desa, memberdayakan komunitas dan hasil lokal yang dimiliki,” katanya.
Mujiad juga menyampaikan melalui Kemah Karya Bhakti Karang Taruna tersebut para peserta dapat saling menjaga kebersamaan dan kekompakan selama kegiatan.
“Kemah Karya Bhakti Karang Taruna merupakan sarana membangun kebersamaan kekeluargaan dan diskusi untuk saling bertukar pikiran, karena pemuda adalah generasi penerus bangsa,” ungkapnya.
Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar I Gusti Nyoman Yudiana mengatakan Kegiatan Bursa Inovasi Desa, Kemah Karya Bhakti Karang Taruna Tahun 2019 merupakan salah satu strategi yang dikembangkan dalam program desa.
“Sebagai bentuk dukungan untuk desa-desa agar lebih efektif dalam kaitannya dengan dana desa, serta investasi yang mendorong peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat, akhirnya diharapkan dapat mengelola pengetahuan tentang penggunaan Dana Desa di setiap desa di Kabupaten Banjar” katanya.
Dan I Gusti Nyoman Yudiana berharap melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan peran dan ekstensi masyarakat khususnya pemuda di Kecamatan Aranio dalam pengembangan pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan ekonomi desa.
Pada pembukaan acara Bursa Inovasi Desa dan Kemah Karya Bhakti Karang Taruna Tahun 2019 se-Kecamatan Aranio para pejabat tersebut mengunjungi stand pameran Inovasi Desa dan juga kemah-kemah Karang Taruna. (MC Kominfo Kab Banjar/Ags/Prs)

Source:: Media Center